CahBojonegoro

Rawe Rawe Rantas, Malang Malang Putung

Dual Connection ( eth0 & ppp0 ) di Ubuntu Intrepid Ibex

with one comment

Biasanya ini diperlukan bagi anda yang tidak punya akses internet di kantor atau ada akses internet tapi tidak bebas ( mesti lewat proxy dan banyak aplikasi yang tidak jalan ).Pada saat kerja anda harus konek ke LAN kantor ( akses e-mail kantor, login ke local server dsb ), tapi disaat yang bersamaan anda perlu juga kebebasan akses internet :)Nah, ini juga terjadi pada saya dimana untuk bisa bebas akses internet dikantor, saya harus memanfaatkan modem USB untuk dial up dan konek juga ke Jaringan LAN Kantor dengan Ethernet.
Dulu, ketika masih pakai Hardy Heron, saya harus manual melakukan ini. Konek dulu ke LAN, eth0 dapat IP address, kemudian saya dialup dengan wvdial dan kemudian set routing untuk internet dan local area network. Ini belum termasuk ngoprek modem USB Huawei E220 supaya bisa dikenali oleh hardy heron.

Namun kini tidak lagi susah di Intrepid Ibex, ppp0 dan eth0 bisa diaktifkan bersamaan dari Network Manager Applet. Caranya aktifkan dulu ppp0 kemudian baru klik di eth0. Ketika eth0 mendapatkan ip address, ppp0 yang lagi dial up tidak diputus.

Dual Connection

Dual Connection

Kemudian tinggal bikin script untuk set routing IP, supaya anda bisa konek ke LAN dan Internet secara bersamaan.
Berikut ini yang saya pakai.

route del default
route add default dev ppp0
route add -net 10.0.0.0/8 dev eth0

10.0.0.0/8 adalah IP segment untuk Local Area Network di jaringan saya, sesuaikan dengan IP segment di jaringan anda.

Written by cahbojonegoro

November 5, 2008 at 1:40 pm

Posted in Ubuntu

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. mas saya ada 2 laptop, xp konek ke internet dari fastnet dan dishare. saya ingin konek ke komputer xp yang notabene komputer saya itu os-nya intrepid ibex. saya mau coba konek ke xp via ad-hoc/p2p
    mohon tutornya ya…

    purwanto S

    November 27, 2008 at 2:19 am


Leave a comment